Sabtu, 11 Juli 2015

Stand Up Comedy Indonesia Season 5 Review Ala Noor Azmi Fachri


     Stand Up Comedy di Indonesia sekarang semakin banyak peminatnya. Gue awalnya tau Stand Up Comedy itu pas jamannya Raditya Dika yang tampil dari cafe ke cafe dan dari panggung ke panggung. Tapi ya sebagai penikmat SUC, gue cuma bisa ngeliatnya di Youtube atau di Televisi saja. Sampai akhirnya pada tahun 2011, saat gue kelas 3 SMP, gue liat di Kompas TV ada yang namanya kontes Stand Up Comedy Indonesia. Karena dulu Tv rumah gue belum kaya sekarang yang udah di pasangin salah satu "Tv Kabel", Akhirnya dulu gue nonton SUCI itu di Youtube doang. Itu juga gak sering-sering amat sih. Dari season 1 sampai season 4 SUCI di Kompas Tv, gue ga terlalu ngikutin dari awal kontes sampai masuk show dan final show. Tapi kalau di SUCI season 5 ini, karena tahun ini Tv gue akhirnya dapet tuh Channel Kompas Tv, akhirnya gue setiap malam jumat selalu nonton ini acara sama keluarga ramai-ramai meskipun kadang suka rebutan sih sama ibu yang nonton sinetron di channel sebelah atau adik yang keasikan liat orang jadi srigala itu -_-.


    SUCI 5, dari saat audisi sebenernya udah banyak kontestan-kontestan yang udah gue cup buat masuk show. Salah satunya itu ada Wira Setianagara, Kontestan asal Purwokerto ini menurut gue unik dari segi penyampaian materi Stand Up Comedynya. Ini hal yang jarang, ada orang mau ngelucu tapi pakai puisi. Hal yang unik seperti ini pasti yang paling di ingat sama setiap orang atau kebanyakan orang pastinya. Dan saat audisi, gue seneng kontestan Wira ini dapet Golden Ticket buat tampil di Jakarta nantinya.
Lalu kontestan kedua yang sebenernya gue cup itu kontestan yang Gendut dan dia make Kacamata, kalau ga salah materinya tuh ngomongin tentang pengajian orang yang udah meninggal, dia bawain materi itu katanya sih pengalaman pribadi saat ibunya meninggal, gue lupa namanya, dia dapet juga sih Golden Ticket, tapi gatau kenapa saat Pre-Show gue ga liat dia, mungkin gara-gara 2 minggu atau 2 episode gue ketinggalan nonton jadi ga tau deh kemana itu orang. Padahal gue yakin dia siap bersaing :3

Nih tampangnya si Wira Setianagara



    Show pertama SUCI season 5 sampai Show 4, gue ga nonton. Karena apa? Kesibukan gue sebagai Mahasiswa membuat gue ga bisa pulang ke rumah dan Stay di Kos-Kosan temen buat ngerjain Tugas yang bejibun itu. Sepelas tugas gue selesai, akhirnya tiap kamis ga ada tugas lagi dan akhirnya juga gue bisa menikmati SUCI 5 seperti biasanya.

    Hal yang pertama kali saat gue nonton Show 5 adalah ngeliat siapa aja yang tersisa atau masih bertahan di panggung SUCI 5, dan alhamdulilah jagoan gue si Wira ini masih bertahan. Tapi gatau kenapa penampilan dia kok menurun ya, ga seperti Show 1 - 4 yang gue liat di Youtube. Hmm ... Semoga dia masih bisa bertahan. Gue masih berharap dia bertahan dan lolos ke Final nantinya dan pada saat Final gue bakal nonton dia secara langsung. Itu tekad gue. Tapi kenyataan memang tak sesuai dengan harapan ...

    Pada show 7 Wira Close Mic. Pada minggu itu komika-komika tampil dengan me-roasting peserta lain selama 3 menit. Wira me-roasting Rahmet saat itu. Penampilannya bagus, semua komika juga bagus tampilnya saat me-roasting, terutama si Rigen. Tapi saat putaran kedua, gatau kenapa kok si Wira tampilnya gak kaya biasanya ... Seperti, gue berfikir ini Wira bukan sih yang tampil? Kok penampilannya gak seperti biasanya? Kamu kenapa mas Wirrrrr? Kira-kira begitu teriakan hati gue saat Wira tampil dengan Emosi yang meluap. Dan pada akhirnya gue liat, Wira di Close Mic, rasanya nyesek aja gitu, jagoan gue dari audisi harus stop perjuangannya. Padahal kalau mesti dukungannya lewat SMS, gue yakin Wira bakal lolos karena dia salah satu yang unik dari ke-16 Finalis yang ada.

    Minggu depannya gue jadi ga semangat nonton SUCI 5, gue terus-menerus berteriak dalam hati "Kenapa harus Wira yang keluar? kenapaaaa? KENAPAAAA???. Sampai pada akhirnya gue juga tertarik sama penampilan komika unik lainnya. Yaitu Indra Frimawan. Awalnya menurut gue dia sama aja kaya Dodit Mulyanto di Season 4 dulu. Tapi ternyata beda. Kalau Dodit penampilannya dari cara ngomongnya kaya orang Desa pada umumnya dan malu-malu kucing, kalau Indra ngomongnya cerdas cuman yang ngerti cuma dia, karena itu adalah dunia dia (yang dia anggap). Ngerti lah maksud gue. Setiap penampilannya dia bawain materi yang diluar nalar kita semua tapi itu jadi lucu karena tingkahnya yang polos. 
nih tampang si Indra Frimawan

    Minggu-perminggu pun berlalu, gue akhirnya jadi seneng sama penampilannya si Indra yang unik ini. Bokap dan Nyokap gue juga kan nonton SUCI 5 nih, ternyata mereka punya jagoan yang berbeda dari gue. Ternyata mereka ngejagoin anak STM. Yap si Rahmet Ababil atau gue gatau nama aslinya atau itu nama aslinya. Oke lanjut review aja. Dari awal show sampai dia masuk Final, Rahmet ini konsisten menampilkan atau membawakan materi yang dikaitkannya dengan STM tempat dia sekolah dulunya. Materinya lucu sih, tapi menurut gue biasa. Kenapa? soalnya temen gue banyak yang anak STM, meskipun gue bukan anak STM, tapi gue udah tau dan mungkin gue juga mengalami beberapa kenakalan-kenakalan yang di ceritain si Rahmet ini. Jadi gue gak terlalu memfavoritkan si Rahmet ini. Eh taunya ini anak masuk Final aja.

Nih dia yang gue omongin barusan, si Rahmet Ababil

    Lagi asik-asiknya menikmati SUCI 5, taunya ada pengumuman kalau bakal ada "CALLBACK". Yang artinya peserta yang udah keluar bisa di panggil lagi buat tampil di panggung. YES YES YES, gue teriak-teriak dalam hati dan loncat-loncatan di kamar layaknya Daniel Bryan di WWE yang teriak YES YES YES saat masuk ring. Gue kembali semangat dan gak tersenyum palsu saat menonton SUCI 5 ini. Gue lari ke Komputer gue di ruang tamu dan mengecek website resmi kompas tv buat ngikutin langkah-langkah buat Vote Wira Setianagara agar ke Callback lagi. Hampir setiap hari selama 2 minggu penuh gue ngevote dan artinya nge-tweet di Twitter gue, "Saya vote @wiranagara untuk di Callback #SUCI5 #CallbackWira" Mungkin seperti itu tweetnya. Gue sampe spam di twitter yang bikin 1200 lebih followers gue terganggu hahaha. Tapi tidak apa-apa, demi Wira aku rela di bully di twitter :(

    Sampai akhirnya pada malam Callback, yaitu pada 7 besar. Di umumkan ada 3 konteskan calon callback. Yaitu Wira, Kalis dan bang Rahman. Ternyata mereka tampil lagi untuk menentukan siapa yang layak buat di Callback. Gue seneng bisa liat Wira tampil lagi. Mungkin para fansnya yang disebutnya Budak Sajak juga sangat senang melihat wira di tv lagi. Penampilannya saat itu "Wira banget". Dia telah kembali (pikir gue saat itu). Karena saat Wira Close Mic, gue mencari-cari akun-akun dia yang lain selain Twitter dan ketemulah Soundclound miliknya yang berisi Puisi-puisi indah yang bikin kuping ini adem saat mendengarkan puisinya itu. Dan ketemu jugalah Blog pribadi miliknya yang berisi sajak-sajak indah jika kita baca. Sumpah gue nge-fans banget sama Wira ini. Gue juga pernah nulis tentang salah satu puisinya di Blog gue ini di Elegi Hemostatis Karya Wira Setianagara , kalian bisa baca disitu. Oke kembali ke review.

    Saat ke-3 peserta calon callback tampil, gue yakin Wira akan di callback. Tapi yaaaa semesta tidak mengizinkan itu terjadi, kembalilah terjadi bahwa "terkadang kenyataan memang tidak sesuai dengan apa yang di harapkan". Wira tidak ter-callback, yang di callback adalah Kalis. Komika yang mirip orang Mafia China atau Hongkong. Yang mirip sama Suaminya Siuman Naga di Kungfu Hustle dan yang di sangka Teroris sama sebgaian orang. Memang sih mungkin pada malam itu Kalis dapat Kompor Gas, tapi kenapa Wira ga dapet Kompor Gas, dia juga kan penampilannya bagus om indroooooo. Akh ... kesal malam itu rasanya.

   
      
Nih tampang si Kalis

    Kembali kecewa karena Wira gak ke-Callback gue kembali mendukung Indra. Sampai akhirnya Indra masuk Final gue ikut senang, tapi gatau kenapa saat Final Indra tidak tampil seperti biasa. Begitu pula Rahmet dan Rigen. Mereka bertiga terlihat gugup di kamera. Pada saat malam Final Show gue juga seneng karena semua Komika SUCI 5 pada dateng dan ada juga penampilan-penampilan komika lainnya. Dan gue pun sedih. Karena apa? Selain karena Wira ga masuk Final, gue juga sedih karena seharusnya gue dapet Tiket Gratis, tapi karena gue jarang buka email, akhirnya itu tiket hangus dan gue ga nonton langsung Final Show SUCI 5 ini. 

Tuh liat emailnya. Sedih ngeliatnya :(
    Rasa kecewa ga bisa nonton langsung hilang saat melihatnya di Tv. Malam final pecah, semuanya indah dan ditutup dengan pengumuman yang ternyata juara SUCI 5 ini adalah Rigen. Tidak disangka oleh gue. Rigen adalah finalist kuda hitam yang masuk Final dan akhirnya menjadi juara dan menurut gue itu memang pantas, karena pada malam itu hanya dia yang mampu tampil secara maksimal. Bukan berarti Indra dan Rahmet jelek, tapi mereka kurang tampil secara maksimal aja, jadi mereka ga juara.

    Ada 1 perkataan dari seorang Indra Frimawan pada malam final itu. Dia bilang "Kalau tidak bisa jadi yang terbaik, maka jadilah yang unik atau yang berbeda". Dan 1 perkataan dari Wira juga "Kami hanyalah komika biasa, karena selalu ada hati yang miris di balik orang yang humoris".

    Mungkin gue gak nge-review semua hal tentang SUCI 5 ini, karena gue juga bukan orang yang jago nge-review. Tapi percayalah, setiap tulisan yang gue tulis di BLOG Pribadi gue ini, gue tulis dengan hati. Make perasaan maksudnya. Oke mungkin segitu aja yang biki gue tulis, Maaf kalau gue salah ngomong, Salam Penulis Labil Noor Azmi Fachri.

Stand Up Comedy Indonesia .... Let's Make Laugh :D



Tidak ada komentar:

Posting Komentar